Minggu, 17 Juli 2016

Langkah-langkah menggambar dan mengarsir dengan pensil secara detail dan realistis.



Hello Guys, welcome to my blog wkwkwk sebelum saya menjelaskan tutorial menggambar dan mengarsir dengan pensil secara detail dan realistis, saya ingin memperkenalkan diri (biar mudah diingat) hehe...
Nama saya Boy biasa dipanggil boo, boy, kalo sayang juga gpp tapi khusus cewek haha.. saya berasal dari Ambon, yap kota kecil yang penuh dengan sejuta keindahan entah dari pemandangan lautnya, gunung, maupun jalanannya.
saya seorang mahasiswa semester akhir yang notabennya penuh dengan tugas-tugas berat misalnya proposal, makalah, laporan penelitian dll. buset bikin otak hampir menangis.
tapi ditengah kejenuhan hidup yang ada saya mencoba untuk tidak terlarut dalam kehidupan yang sangat membosankan dan membuat sesuatu hal yang lebih bermakna yaitu menggambar, dimana saya harus memanfaatkan anugerah yang diberikan dari Tuhan buat saya.
Okey tanpa basa-basi saya akan menjellaskan bagaimana cara menggambar dan mengarsir dengan pensil secara detail dan realistis.

Hal pertama yang harus kalian perhatikan sebelum menggambar adalah kebersihan, cahaya, tempat, alat dan bahan yang dipakai, dan yang paling penting adalah ketenangan.. ruangan yang nyaman serta suasana yang baik dapat menenangkan pikiran dan membuat imajinasi lebih hidup. kalau saya sih biasanya dengerin lagu pas lagi menggambar wkwkwk biar tenang aja sih pikirannya .


Alat yang dipakai

Alat yang saya pakai yaitu:
1. Pensil (faber castell)
HB, 3H, 2B, 3B, 5B, 6B, 8B, dan pensil white Charcoal (kalo yang tidak ada juga tidak apa-apa)
2. Penghapus.
Penghapus yang saya pakai sebenarnya hanya yang tajam dan agak tumpul

3. Kuas dan Cotton Bud
fungsinya buat menghaluskan arsiran pensil biar keliatannya merata saat mengarsir.

4. Tissue buat alas tangan


Setelah itu pilihlah tema yang ingin digambar, tema bisa saja dari apa yang dilihat secara langsung, imajinasi, ataupun dari internet, buku, maupun sosial media lainnya.
khusus kali ini saya akan menggambar dengan tema cewek dan digabungkan dengan beberapa gambar.

cekidot!!

  • Step 1
Langkah pertama adalah pembuatan sketsa .

Sketsa yang dibuat janganlah terlalu kentara, buatlah sketsa kasar dengan pensil HB, jika terjadi kesalahan dalam pembuatan sketsa hapuslah dengan penghapus yang agak tumpul dan jangan terlalu kuat saat menghapus demi menjaga struktur kertas biar kelihatan rapi.
Jangan terlalu menekan pensil saat membuat sketsa karena bila dihapus akan meninggalkan bekas dan akan mempengaruhi hasil akhir dari gambar anda.

Dalam pembuatan sketsa kecepatan mata sangat berpengaruh, sinkronasikan mata dengan tangan anda agar memudahkan anda melihat pola dan tidak kesulitan dalam pembuatan sketsa.

*dalam memegang pensil usahakan tangan serilex mungkin, jangan kaku saat menggambar*


  • Step 2
Selanjutnya dalam pembuatan sketsa awal, pertegas outlinenya (garis luar)


*tidak semua outline mesti dipertegas, perhatikan mana yang harus diarsir dengan tebal/gelap, sedang dan yang tipis*















  • Step 3
 Jika seluruh sketsa telah siap, mulailah dengan mengarsir.
Arsiran yang anda lakukan saya sarankan berlawanan dengan tangan anda (jika menggunakan tangan kanan, arsir bagian sebelah kiri ke kanan, bisa juga dari atas ke kiri kemudiian ke kanan dan sebaliknya) tujuannya agar tangan anda tidak menutupi arsiran yang dibuat sebelumnya karena dapat menghilangkan kepekatan dari arsiran tersebut.
Perhatikan tingkatan warna gambar anda dari yang halus, sedang, hingga tebal. bagian tebal yang saya maksudkan disini seperti bagian rambut dimana arsiran sangat berpengaruh pada bagian ini. untuk bagian rambut saya memakai pensil 8B, setelah mengarsir dengan 8B pada bagian rambut pakailah cotton bud pada arsiran tadi tujuannya yaitu untuk memperhalus arsiran yang anda buat. dengan menggunakan cotton bud
*jika memakai cotton bud membuat arsiran halus keluar dari outline/sketsa, hapuslah menggunakan penghapus yang permukaannya tajam agar terlihat rapi*

  • Step 4
Hal terpenting adalah bagaimana memahami gambar yang sedang anda gambar.
Seperti gambar disamping dimana saya menggambar jam yang pecah, pecahan pada dinding jam dan serpihan dari dinding jam tersebut saya menambahkan efek 3D biar kelihatan hidup gambar yang saya buat caranya sangat sederhana yaitu dengan mengetahui bagian gelap dan terangnya.
pakailah tingkatan pensil 2B sampai 5B untuk
shadingnya kemudian pakailah cotton bud agar
memperhalus..perhatikan pencahayaan dari gambar anda bagian yang terang dan gelapnya, jika pada bagian terang saya sarankan untuk tidak mengarsir dengan pensil pada bagian ini, karena akan sulit saat menghapus, pakailah cotton bud dan hapus menggunakan penghapus yang permukaannya tajam. Jika bagian yang kecil dan gelap cobalah untuk memakai pensil 8B yang tidak terlalu runcing juga tidak terlalu tumpul, agar bisa mengarsir dengan baik, jangan terlalu menekan pensil ke kertas (contohnya jarum jam dan angka nya)  

  • Step 5
Untuk bagian yang kecil pakailah pensil yang permukaannya runcing
agar mendapatkan hasil yang maksimal, gambarlah tiap detailnya sesuai dengan gambar yang anda ikuti, jangan terburu-buru dalam pengerjaan dan langsung pindah kebagian lain, selesaikan dulu bagian yang harus diselesaikan agar tidak kebingungan saat menggambar.














  • Step 6
Langkah berikutnya adalah mengarsirbagian gambar lainnya seperti bagian tubuh dari cewek yang diobjek.
perhatikan bagian gelap dan terangnya.
tentukanlah gradiasi warna kemudian arsirlah secara bertahap mulai dari yang terang hingga gelap agar terlihat hidup objek yang digambar.
teknik mengarsir masih sama yaitu setelah diarsir pakailah cotton bud untuk memperhalus.
pakailah penghapus untuk bagian yang terang, hal ini bertujuan untuk lebih menghidupkan gambar yang dibuat. kemudian pakailah kuas jika objek yang diarsir agak besar, kuas juga dapat berfungsi untuk membersihkan sisa penghapus yang dipakai, agar kelihatan rapi dan tidak kotor.







  • Step 7
Setelah selesai dengan bagian tubuh pada objek cewek, selanjutnya adalah menggambar bagian sayap.
Dalam menggambar bagian sayap buatlah gradiasi warna dari pangkal sayap (bagian sayap yang dekat dengan badan) dengan agak gelap sampai terang pada ujung sayapnya. sayap yang saya pakai disini adalah sayap kupu-kupu. Sayap kupu kupu mempunyai motif yang berbeda dengan sayap pada hewan lain seperti burung. Untuk itu motif dari sayap ini pertegas garisnya dengan pensil 8B, dan arsirannya menggunakan pensil dari 2B-6B.
teknik nya sama dengan bagian yang lain yakni memakai cotton bud dan dirapikan dengan penghapus.
pakailah pensil putih untuk menghaluskan tiap arsiran, jika tidak ada pensil putih juga tidak masalah.


*haluskan setiap arsiran dengan cotton bud, kuas, dan dirapikan dengan penghapus, sampai setiap garis pada sketsa tidak kelihatan*

  • Step 8
Pindahlah ke objek lain. yap objek yang saya tambahkan disini adalah bunga mawar. Untuk menggambar bunga mawar, perhatikan setiap outlinenya karena struktur bunga yang meliuk-liuk dapat membuat kita kebingungan dalam mengarsir.
Arsirlah bunga bagian dalam dengan agak gelap dan bagian luar dengan terang.














  • Step 9
Kemudian tambahkanlah beberapa arsiran, arsiran kali ini tidak usah pakai cotton bud biar lebih kelihatan realistis. Arsiran yang dimaksudkan seperti ruas-ruas pada sayap, bagian tubuh kecil seperti urat, kuku,rambut bagian luar dll.


*Semakin gelap sebuah gambar, semakin terlihat keren dan lebih terlihat hidup*











  •  Step 10
Langkah terakhir adalah finishing yaitu menambahkan detail gambar dan menghapus bagian yang cacat atau tidak terpakai dari gambar.
Setelah objek selesai dibuat tambahkanlah background.
Untuk membuat background sendiri bebas tergantung background apa yang dibuat. Untuk background kali ini saya memakai background dengan teknik arsiran kasar, pensil yang saya gunakan hanyalah 2B dan 5B dan dihaluskan dengan memakai kuas dan penghapus secara bebas.


*usahakan membuat background yang mendukung objek karena background dapat membuat gambar terlihat keren dan hidup*






  • Step 11
Dan yang terakhir adalah tanda tangan guys, tanda tangan sangat diperlukkan biar bisa menjaga karyamu, istilahnya hak cipta hehe

jangan lupa ya tanggal selesainya pembuatan gambar, buat kenang-kenangan wkwkwk

Setelah selesai boleh difoto juga bisa dipakaikan bingkai hehe ..


Okey guys, mungkin itu langkah-langkah dan beberapa tips dari saya tentang bagaimana teknik menggambar dan mengarsir menggunakan pensil secara detail dan realistis.
Jika mengalami kesusahan saat menggambar, jangan pernah menyerah dan teruslah berlatih karena setiap hasil yang kita peroleh tidak didapat secara instan melainkan tekad, semangat, dan kerja keras.
eh ia satu lagi saran saya nih guys sebelum menggambar baiknya berdoa dulu sebelum memulai, mintahlah pertolongan dari Tuhan, karena setiap kesuksesan haruslah mengandalkan Tuhan, tanpa Tuhan semuanya sia-sia hehe...

Jangan menyerah, tetap semangArt dan God Bless.


booboy_art

10 komentar: